Mengulas Game MOBA Lokal, Lokapala

Salah satu genre game online mobile, yakni genre MOBA memang jadi salah satu genre game yang diminati banyak orang. Banyak game dengan genre yang sama yang jadi favorit untuk dimainkan sendiri atau juga berkelompok. Kebanyakan game-game ini hadir dan dibuat dari luar negri. Namun kini ada juga game yang dibuat oleh anak bangsa dengan nama game Lokapala. Game ini cocok banget untuk kamu coba sebagai pecinta game mobile. Lokapala: Saga of Six Realms ini dibuat oleh developer Anantarupa Studios dan dikembangkan oleh developer Indonesia. Hal ini patut kita apresiasi mengingat game ini adalah game MOBA pertama buatan Indonesia.

Dilansir dari berita sumatera selatan, Game ini hadir dengan membawa sesuatu yang baru, yakni karakter-karakter yang berdasar dari mitos dan juga legenda Nusantara. Penasaran dengan gamenya seperti apa, berikut ini adalah ulasan mengenai game ini yang bisa kamu jadikan referensi untuk mencobanya.

Game dengan menggunakan karakter-karakter lokal
Game ini menawarkan nuansa dan budaya Indonesia, yang bisa diketahui dengan karakter yang digunakan di game ini. Melalui game ini, Anantarupa sebagai developer mempunyai  misi untuk bisa mengenalkan kembali nilai-nilai budaya ke anak muda melalui video game ini sehingga dihadirkan beberapa karakter legenda di game ini sebagai Hero atau Ksatriya untuk bisa pemain mainkan.

Seperti game MOBA lainnya, game Lokapala ini juga memiliki beberapa role Hero atau ksatriya, yang totalnya ada 6 Ksatriya yang terdidri dari Marksman, Mage, Assassin, Fighter, Support, dan Tank. Hingga saat ini, Lokapala memiliki 15 Ksatriya yang bisa dimainkan oleh pemain. Karakter yang ada di game ini adalah tokoh-tokoh lokal populer, misalnya saja ada Gatot Kaca, Si Buta dari Gua Hantu, dan juga Nyi Roro Kidul.

Meskipun nuansanya lokal, game ini menggunakan bahasa Inggris sebagai pilihan utama bahasa permainan. Hal ini mungkin dibuat agar orang selain dari Indonesia juga bisa memainkan dan merasakan serunya bermain game Lokapala. Game ini juga bisa jadi ajang untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional.

Menawarkan inovasi yang menarik bagi para pemain
Game Lokapala sendiri adalah game yang memberikan inovasi menarik bagi pemain. Game ini memiliki tiga jalur atau lane, sama seperti game MOBA lainnya. Hal yang berbeda dari game Lokapala ini adalah adanya Ganking Lane atau jalan pintas yang berada di bagian sisi top lane dan juga bottom lane. Adanya Ganking Lane ini membuat permainan jadi semakin menarik karena masing-masing tim memiliki opsi tambahan agar kamu bisa menang pertandingan.

Lokapala sebagai game MOBA juga memiliki sistem buyback yang tidak memerlukan gold. Game ini hanya memberikan 2 kesempatan buyback selama permainan kepada pemain sehingga kamu sebagai pemain harus mempertimbangkan penggunaan kesempatan ini.

Selain itu, Lokapala juga memiliki dua monster yang besar yang juga bisa memberikan buff tambahan ketika berhasil dikalahkan oleh pemain. Kehadiran dua monster ini bisa jadi opsi tambahan sebagai strategi kamu untuk memenangi permainan. Namun keberadaan dua monster ini justru suka dilupakan karena lokasnya ada di kedua sudut permainan.

Lokapala juga memiliki sistem tunggangan atau mount yang bernama Vahanna. Sistem ini bisa membuat pemain dapat menaiki sebuah tunggangan dengan bentuk batu untuk menjelajahi map. Namun sistem ini rasanya masih memiliki kelemahan karena untuk memanggil Vahanna, pemain membutuhkan waktu untuk mengeluarkannya.