Review Singkat Daihatsu Copen Mewah Banget Super Mini

Meskipun terlihat fresh, Copen sejatinya merupakan model lama yang sudah melalang buana di Industri Otomotif. Mobil ini sendiri sudah memulai debutnya sejak tahun 2002 silam. Dan, Copen merupakan versi rebot dari prototipe yang lama. Karena merupakan mobil rebot, sudah barang tentu banyak pembaharuan yang diselipkan pada mobil ini.


Mengusung konsep mini sport, Daihatsu Copen merupakan mobil coupe dengan rasa green car. Mengapa? Mesin yang disediakan Copen tergolong kecil layaknya City Car. Meskipun demikian, Copen sendiri sudah dilengkapi dengan mesin intercooler tiga silinder guna hantarkan tenaga maksimal untuk membuat mobil ini tampil elegan saat dipacu di jalan raya. Di samping mesin, Coupen juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terkini guna membuat penumpang merasa nyaman saat berada di dalam kabin.

Daihatsu Copen Indonesia merupakan mobil yang patut dibedah lebih lanjut sisi luarnya. Karena sisi ini nampak begitu elegan dan terkesan mahal untuk mobil asal Asia. Tentunya akan sangat berdosa jika kami tak membedahnya secara terperinci untuk anda. Untuk mengulasnya, ada baiknya jika kita membedah sisi depannya terlebih dahulu.

Di sisi depan, Copen nampak begitu stylish dengan mengusung konsep dinamis di bagian terdepannya. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk gillnya yang menyerupai trapesium terbalik yang memanjang hingga ke bagian bumper dan dibumbui dengan warna hitam. Di bagian tengahnya, Daihatsu memberikan list untuk memisahkan sisi grill dan bumper. Sementara di bagian sampingnya, tersemat headlamp yang menyalak tajam seperti mata yang menyorot tajam. Di sisi dalamnya, kita juga menemui sebuah mata lensa yang sudah dilengkapi dengan teknologi LED yang siap suguhkan pencahayaan maksimal saat dibutuhkan. Tak lupa pula, Daihatsu menyelipkan logo kebanggaannya di bagian tengah sebagai penanda identitas.

Sementara di bagian bumper, kesan dinamis juga cukup terasa berkat kehadiran grill yang memanjang tadi. Tak hanya andalkan grill sebagai sarana untuk membuat mobil menjadi aerodinamis, bagian samping bumper juga disemkan dengan rongga udara dengan desain yang cukup stylish. Anda bertanya adakah fog lamp pada mobil ini? jawabannya ada. Fog Lamp yang disediakan memiliki desain yang tak biasa yakni berbentuk vertikal ke atas dan menyatu dengan sisi samping lampu utama. Fog lamp ini juga sudah dilengkapi dengan pencahayaan LED guna hantarkan penerangan maksimal.

Desain bagian setir
Bagian setir dibuat membulat ala mobil sport dengan menggunakan aksen chrome di beberapa bagian. Di bagian ini juga sudah memiliki audio steering switch untk memudahkan pengemudi mengatur suara audio dari headunit.

Desain kursi
Walaupun ruangan dari mobil ini bisa dibilang sangat terbatas, tetapi soal kenyamanan dari kursi sama sekali tidak perlu diragukan. Dengan menggunakan bucket seat agar penumpang merasa nyaman di dalam kabin. Bahan yang digunakanpun menggunakan bahan soft touch sehingga bagian dalam dari mobil ini benar-benar terlihat mewah. Ruang bagasi Ruang bagasi mobil tidak terlalu luas dan lebih berfungsi untuk menyimpan atas mobil pada saat sedang dilipat.

Fitur keselamatan
Untuk bagian keselamatan, mobil Daihatsu Copen  ini bisa kita acungi jempol karena fitur yang diberikan benar-benar lengkap untuk sebuah mobil yang mini. Mobil ini sudah memiliki safety airbag untuk penumpang di bagian depan, pengereman dengan menggunakan ABS + EBD, Vehicle Stability Control, dan menggunakan TAF body dengan side impact beam untuk meredam benturan.

Fitur hiburan
Untuk bagian hiburan, mobil ini memiliki 2din touchscreen head unit yang bisa memberikan hiburan dari CD, koneksi bluetooth dan juga radio.

Harap diingat bahwa Daihatsu Copen ini masih termasuk ke dalam kategori mobil keicar dengan isi silinder yang tidak terlalu besar. Mobil ini hanya memiliki isi silinder sebesar 658 cc dengan tenaga maksimal 64 ps dan torsi maksimal 9.4 Nm. Tenaga ini bisa dibilang sangat kecil bahkan bila dibandingkan dengan mobil LCGC sekalipun. Tetapi untuk mengatasi hal ini rupanya Daihatsu sudah menyiasatinya dengan memberikan turbo pada mobil ini sehingga bisa melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 11 detik. Untuk bagian suspensinya, mobil ini menggunakan sistem suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Torsion beam untuk suspensi bagian belakang. Untuk bagian velgnya sendiri,mobil ini menggunakan ban dengan ring 16 inci.